TAKAGI YOSHIN RYU JUTAIJUTSU

                                                   TAKAGI YOSHIN RYU JUTAIJUTSU
                             (merupakan salah satu ryuha (sekolah ) yang dipelajari dalam  bujinkan  )

                                            "SAMURAI ELITE BODYGUARD IN EDO PERIOD "


Sejarah Takagi Yoshin Ryu
Pada tahun 1569 selama era Yeiroku (1568-1579) di Funagata Yama (daerah pegunungan) dari Miyagi, ada seorang imam gunung Cina dari keluarga Abe disebut Unryu ( Naga Awan), dia adalah seorang yang ahli dalam shuriken, bojutsu, yari , naginata dan taijutsu seperti yang tertulis dalam Amatsu Tatara Rinpo Hiden Makimono. Gulungan Amatasu Tatara turun temurun disimpan oleh keluarga Abe, Nakatomi, Otomo, dan keluarga Monobe (keluarga Takamatsu Sensei dan keluarga Kuki juga memiliki salinan). Dai Nippon Bugei Ryu-Ha memberikan nama Unryu sebagai Sounryu. Dia adalah seorang biarawan Tao keliling, yang tinggal di Rikuzen Funagawa, tidak jauh dari Sanroku Mountain..
Beberapa sejarawan mengatakan bahwa Unryu berasal dari Hieizaenji Yama di Kyoto. Ia belajar Sessho hiden no jutsu, sebuah sistem pertarungan yang menggunakan yari (tombak). Sessho hiden no jutsu juga dikenal sebagai Juppo Sessho no jutsu.

 Unryu mengajarkan sistem dengan yari ini untuk seorang samurai dari Katakura Kojuro (di provinsi Fukushima) bernama Ito Ki-i Morisatada (juga disebut sebagai Ito Sukesada). Ito adalah seorang seniman bela diri terkenal waktu itu (1570) dan pendiri Itto Ryu Kenko Ryu.
Transmisi gulungan Takagi Yoshin Ryu dari Takamatsu Toshitsugu untuk Hatsumi Masaaki, berlangsung pada hari keberuntungan di Bulan 5 Showa 33 (Mei 1959).
.

Hal ini diyakini bahwa Takagi Yoshin Ryu dikembangkan dari Takenouchi Ryu Jujitsu, dan dipengaruhi oleh Kukishinden Ryu.

Takagi Oriemon Shigetoshi dilahirkan dalam kasta Samurai, putra Inatobi Sanzaemon - sebuah Kenjutsu Shinan-Yaku atau guru menguasai pedang, dari domain Shiraishi. Ayah Takagi dibunuh dalam penyergapan. Ketika ia belajar dari pembunuhan ayahnya, ia teringat sesuatu yang ayahnya terus-menerus mengatakan kepadanya:

….a willow (yoboku) is strong and flexible, while a tall tree (takagi) will break

Setelah ia membalas pembunuhan ayahnya, ia mengambil nama Yoshin Ryu Akagi Oriemon Shigetoshi.

Pada tahun 1645, ia mulai belajar di bawah Ito Kii no Kami hingga menguasai teknik Yari, Naginata, Shuriken dan Taijutsu. Takagi kemudian akan mengikuti jejak ayahnya sebagai Kenjutsu Shinan-Yaku atau guru master pedang, dari domain Shiraishi.


Takagi Yoshin Ryu mengambil teknik yang lebih jauh dari orang-orang Judo dan Aikido. Ketika teknik yang diterapkan itu dibuat sesulit mungkin untuk penyerang Anda untuk melarikan diri dengan menggulung dan breakfalling. Gaya Jujiutsu ini berasal dari pelatihan dalam bangunan, tidak seperti gaya lain yang berasal di luar ruangan. Oleh karena itu teknik yang dihasilkan adalah dengan lawan yang dilemparkan, dikunci, atau didekatkan dengan tubuh karena berada di dalam di daerah yang lebih terbatas, bukannya melemparkan dia ke jarak jauh dari Anda sebagaimana di luar ruangan. Dalam Takagi Yoshin Ryu Anda diajarkan untuk melihat mata, dan menggunakan kecepatan. Anda juga dilatih untuk menggunakan berat badan lawan kita sendiri dan momentum melawan dia. Salah satu teknik yang diajarkan, menggunakan sesuatu yang disebut Rensa Sankaku (Tiga Sticks), sebuah gerakan yang digunakan sebagai pertahanan terhadap seseorang dengan pedang. 
 
 

Ada banyak cabang Takagi Yoshin Ryu. Takamatsu Toshitsugu belajar beberapa gaya yang berbeda dari berbagai praktisi dan keluarga. Gaya belajar di Bujinkan adalah gaya Mizuta-Den.

Transmisi gulungan Takagi Yoshin Ryu dari Takamatsu Toshitsugu untuk Hatsumi Masaaki, berlangsung pada hari keberuntungan di Bulan 5 Showa 33 (Mei 1959).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar