KEASLIAN NINJUTSU DALAM BUJINKAN



          Berbicara masalah ninjutsu bukanlah permasalahan kehebatannya melainkan apakah ilmu itu benar-benar berasal dari ninjutsu beneran ataukah itu buatan orang-orangyang belum pernah menyentuh ilmu ninjutsu sama sekali yang anda tidak ketahui.Fenomenalnya ninjutsu membuat bermunculannya perguruan-perguruan beladiri terkhusus di indonesia yang mengatasnamakan ninjutsu atau bahkan meniru-niru melalui youtube,dsb.Tentu hal ini membuat orang yang mencintai beladiri ninjutsu semakin kebingungan karena dasar yang gak jelas dari perguruan itu .Sebab tanpa dari garis asli yang sah maka orang itu tidak akan mengetahui ilmu ninja yang asli,ibaratnya sama aja mereka belajar ilmu comot-comot,ilmu youtube,ilmu curi dengar,ilmu campur-campur yang dikemas sebagai ninjutsu. 

           Kita juga menyadari bahwa beladiri ini dari jepang dan memang harus berafiliasi langsung dengan honbu dojo (Main Dojo) nya.Adapun bujinkan berafiliasi langsung kepada Soke (grandmaster) Masaki Hatsumi dijepang dan berada dibawah naungan langsung dari beliau . Sensei Hatsumi adalah orang yang belajar langsung kepada Ninja terakhir Takamatsu Toshitsugu yang mendapat julukan the Mongolian Tiger yang merupakan cucu dari Toda Shinryuken Masamitsu (seorang samurai berpangkat di periode terakhir keshogunan yang merupakan samurai sekaligus ninja dan juga sebagai senior pengajar bikenshin ryu untuk pengajaran pedang untuk keluarga keshogunan tokugawa) 

          Sistem yang ada pada ninjutsu adalah sistem penularan bukan sistem pembelajaran sehingga ketika anda meniru dari youtube saja tanpa belajar langsung maka anda tidak akan mengetahui keajaiban dari proses tekhniknya .Oleh karena itu sejak ribuan tahun lalu para ninja sangat memperhatikan kihon (basic),karena semua gerakan ninja akan kembali kepada prinsip dari kihon tanpa kembali kepada itu maka tekhnik itu akan menjadi biasa atau bahkan tidak berguna sama sekali. Hal inilah yang tidak dipahami dari beladiri-beladiri yang mengatasnamakan ninjutsu.Menentang prinsip tekhnik ninjutsu yang telah bertahan ribuan tahun,dari sini juga dapat terlihat apakah ninjutsu itu asli apa tidak . Mengapa orang mulai melihat kepada bujinkan ,karena mereka mulai menyadari tentang keaslian ninjutsu secara ilmiah . Baik dari sisi sejarah maupun tekhniknya yang masih otentik sampai sekarang . 

        Dimulai dari togakure ryu ninpo yang sangat terkenal karena merupakan bagian dari keluarga ninja IGA. Yang didirikan oleh Kima Kosanta Minamoto no Kanesada (secara garis sejarah togakure ryu berasal dari keluarga minamoto juga) dan Kanesada adalah seorang samurai dari klan Minamoto . Saat pelariannya akibat serangan dari klan Taira saat konflik Taira-Minamoto ,dia bersembunyi di daerah pegunungan togakure (sekarang togakushi,jepang).Dia diselamatkan oleh seorang pertapa petarung bernama KAIN DOSHI kemudian mengangkatnya menjadi muridnya,kemudian kanesada merubah namanya menjadi togakure daisuke.Dan mendirikan togakure ryu ninpo pada periode OHO (1161–1162).Menurut pendapat Glenn Morris,togakure ryu tepat berada di prefektur mie bersama pendirinya. 

          Dari sisi kumogakure ryu ninja yang dipelajari dalam bujinkan juga berasal dari kluarga IGA,yang didirikan oleh iga heinaizaemon nojo ienaga yang merupakan nenek moyang dari ninja terkenal HATTORI HANZO.Didirikan pada pertengahan tahun 1500 yang mengganti namanya dengan Kumogakure Hoshi. Dan praktisi terkenal dari kumogakure ryu adalah ninja yang juga terkenal yaitu SARUTOBI SASUKE dimana sarutobi berarti monyet melompat,dia ahli melompat dari pohon ke pohon dengan menggunakan tombak kamayari ,kedua ninja ini namanya sering diapaki dalam fil-film di jepang dan animasi nya. Ninja kumogakure ryu dikenal ahli dalam menggunakan tombak kamayari.Dan kumogakure ryu dalam kemunculannya selalu memakai topeng (demon mask) yang digunakan sebagai kikakuken.Serangan dengan menggunakan kepala dan juga untuk menakuti musuh saat muncul.Mereka juga dikenal ahli dalam tobi (jumping techniques) ahli dalam melompat. Nama togakure dan kumogakure keduanya sering muncul di film2 jepang . Dan inilah kenapa bujinkan merupakan garis iga ninja yang terakhir baik dari sisi sejarah ,silsilah ,tempat asal dan tercatat sebagai iga ninja family. 

         Saat ini bujinkan sendiri dipelajari oleh FBI,marinir amerika,Navy Seal,Pasukan legendaris inggris British SAS england special force,dll 

Hariadi 
Bujinkan Ninjutsu Jogjakarta 
22/8/2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar