GYOKKO RYU KOSHIJUTSU (THE JEWELED TIGER)





 


(Merupakan salah satu ryuha dalam Bujinkan ,The art of ninjutsu and samurai)

Dr.Masaki Hatsumi merupakan soke yang ke-28 ,dan Gaya ini merupakan gaya sekolah tertua di bujinkan .

Sekolah ini mengkhususkan diri dalam Kosshijutsu (serangan terhadap otot) dan Shoto Jutsu (penggunaan jempol dan jari) menggunakan gerakan melingkar dan cepat berdasarkan serangan ke titik vital lawan, Koshijutsu Atemi Waza. Meskipun Kosshijutsu berarti merobohkan musuh dengan jari, itu dianggap bahwa itu juga menunjukkan "tulang punggung" (Koshi) dari seni bela diri. Ini adalah metode pertempuran lengkap yang menggabungkan teknik pertempuran bersenjata dengan segala macam senjata, seperti pedang, tombak dan senjata panjang lainnya. Block yang kuat dan keseimbangan merupakan ciri khas sekolah ini. Mereka lebih suka untuk memblokir dengan memukul dengan buku-buku jari ke daerah otot. Muto Dori, atau teknik penghindaran adalah Ge Ryaku no Maki, yang melibatkan teknik melawan pedang dan tombak.

Sebenarnya soke pertama yang resmi disebut sebagai soke Gyokko Ryu adalah Tozawa Hakuunsai. Namanya menunjukkan hubungan dengan Hakuun Ryu Ninjutsu, yang sudah tidak ada lagi. Ini di masa era Hogen (1156-1159), yang membuat Gyokko Ryu merupakan salah satu sistem seni bela diri tertua yang didokumentasikan di Jepang. Hatsumi Sensei mengatakan dalam kenyataan bahwa koshijutsu adalah dasar dari seni bela diri di Jepang, dan merupakan form bentuk tulang punggung (Koshi) dari sistem pertempuran di daerah Iga (saya berasumsi hal ini mengacu pada semua klan ninjutsu).

 

 Bugei Ryu-ha Daijiten mengacu pada Gyokko Ryu sebagai "Kosshijutsu, Shitojutsu, Ninpō". Koshijutsu berarti "untuk merobohkan musuh dengan satu jari." Oleh karena itu, pelatihan mencolok intensif dilakukan, sebagian besar untuk jari-jari, jari kaki dan buku-buku jari, tetapi juga dengan semua bagian tubuh.
Gaya ini ditandai dengan blok yang kuat dengan buku-buku jari yang merusak otot-otot lawan, merobek, menusuk dan teknik merobek dengan jari tangan dan kaki, tendangan menghentak kuat,sertat bergulat dengan mengunci dan melempar. Diajarkan di Gyokko Ryu untuk hanya menggunakan kekuatan sebanyak yang diperlukan untuk mengalahkan lawan. Mereka juga dikenal karena keahlian mereka dengan pedang, rokushakubo dan pisau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar